Berkomentarlah Sebelum Anda di Komentari

Alangkah bahagianya apabila setiap artikel yang aku muat di blog ini mendapatkan banyak komentar, tentunya tidak gampang mendapatkan banyak komentar dalam setiap postingan yang kita terbitkan apalagi kalau blog sepi pengunjung. Jangan salahkan blog anda ketika dari setiap postingan nya selalu sepi dari komentar karna itu semua tergantung sama aktivitas sang pemilik blog. Hal apa yang sudah anda lakukan untuk blog anda? apakah anda sudah memenuhi tugas haria anda untuk berkomentar di blog lain? itulah yang menyebabkan blog anda sepi dari pengunjungn dan yang berkomentar di setiap artikel yang anda terbitkan. Mintalah dan anda akan mendapatkan, hukum ini berlaku di dunia blogging jika anda ingin blog nya ramai para pengunjung dan penuh dengan yang memberikan komentar jangan ragu - ragu untuk melakukan hal yang sama, yaitu berkomentar di blog lain. Jika anda melakukannya dengan sopan, saya yakin blog yang sebelumnya sudah diberikan komentar oleh anda akan kembali mengunjungi balik blog anda dan memberikan komentarnya di setiap artikel yang anda terbitkan.

Katika ada pembaca yang berkomentar pada blog anda, disitulah kita sedang berinteraksi dengan mereka. Balaslah komentar mereka dengan baik dan jangan lupa untuk berkunjung balik ke blog yang sudah menyempatkan waktunya untuk berkomentar di setiap artikel yang kita posting. Membalas komentar juga menjadi salah satu cara untuk menghargai para pembaca setia blog anda. Disini saya berusaha untuk membalas komentar yang diberikan oleh setiap pembaca blog ini, dengan mengunjungi kembali blog lain dan membalas komentar alhamdulilah kali ini blog yang saya miliki ini tidak sepi dari komentar. Karna saya berusaha selalu membalas setiap komentar dari setiap artikel yang saya tulis dan saya terbitkan.

Tatakrama dalam berkomentar pun perlu diperhatikan, ketika anda menuliskan komentar dengan santun meskipun nambaknya tidak berkaitan dengan isi artikel dengan gaya berkomentar yang santun akan memiliki sifat pengaruh terhadap blog anda. Para pembaca setia blog anda akan merasa dihargai ketika di dalam artikelnya terdapat komentar yang isinya dengan kata - kata yang sopan dan sebagai imbalannya karna merasa dihargai mereka akan lebih sering berkomentar balik pada blog anda. Disini saya berusaha untuk memberikan komentar dengan gaya bahasa yang sopan meski terkadang komentar yang saya berikan agak sedikit melenceng dari topik namun tata krama dalam berkomentar perlu diperhatikan.

Ini sebagai inisiatif saja, apa salahnya apabila disaat anda memberikan sebuah komentar pada blog lain meminta agar berkunjung balik dan bersedia memberikan komentarnya di blog anda. Yang terpenting adalah itikad baik anda untuk memberikan sebuah apresiasi dengan berkomentar di artikel lain dan meminta untuk kembali mengunjungi blog anda.
Meskipun demikian, komentar hanyalah komentar tidak ada untungnya merasa patah semangat karna sedikitnya jumlah komentar pada artikel yang sudah kita terbitkan. Jika kita sabar serta konsisten dengan aktivitas blog yang dijalani. Yakinlah bahwa anda sebenarnya sedang membutuhkan sebuah blog yang tidak hanya akan menarik lebih banyak komentar, namun juga akan membutuhkan sebuah ikatan komunitas antara anda dan pembaca blog setia anda.


Get free daily email updates!

Follow us!




82 Responses to "Berkomentarlah Sebelum Anda di Komentari"

  1. ADa yang bilang, semakin banyak komentar ke blog-blog lain bisa meningkatkan Page Rank Blog. hehehe. Salam Blogwalking :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas saya pernah denger itu apalagi yang PR nya gede
      Makasih atas kunjungannya

      Delete
    2. saya ikut berkunjung kesini ya

      Delete
    3. saya juga absen disini ya, ngekor pertamaxnya

      Delete
    4. ngekor juga ahhh.. hehe
      yang penting bisa saling silatirahim dengan saling berkomentar ^^

      Delete
    5. kok sama, saya pernah denger gitu mas irfan. kok sama ya yg kita denger

      Delete
  2. setelah saya komentar di blog orang lain, artinya tugas saya telah selesai, entah mereka mau kunjungan balik atau nggak itu urusan mereka...hhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mamang setuju dah sama Bocah Kampoenk ... sip dah mantab... disamping bisa menimbulkan persaudaraan ya... betul tidak?

      Delete
    2. Salah satu manfaat dari berkomentar, menjalin silaturahmi antar blogger mas :)

      Delete
  3. iya benar juga ya, dulu... waktu saya ngulang bikin blog baru, malah gak pnh ada pengunjung tp stlh rajin BW alhamdulillah membaik hehe..

    artikel yg bagus sbg reminder nih^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. oooh begitu ya.. terimakasih sudah berbagi

      Delete
    2. Itu salah satu manfaat dari BW mbk makasih tekah berkunjung :)

      Delete
    3. saya juga punya pengalaman yang sama dengan mbak ini

      Delete
    4. Insya Allah dengan BW dan berkomentar persahabatan antar blogger akan terjadin :)

      Delete
  4. mas irfan.. screenshoot nya kok sepertinya aq kenal ya hehe...,

    salaam, moga sehat dan penuh keberkahan puasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kebetulan sekali ya mas hehhe, skarang muncul lagi :)

      Delete
    2. iya tu sapa ya...
      hehe
      mas topik selalu berkunjung ke rumah saya,hehe

      Delete
    3. Ia mbk bener rajin bener yah hehehee

      Delete
  5. betul sekali dengan berkomentar ke blog lain atau blog tetangga bisa bagus untuk page Rank atau backlink apa lagi kalau pakai url blog kita... betul tidak?...


    tapi sayang disini ndak bisa pakai url blog atau openid hehehe... piss ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheh waktu itu ada banyak sekapi yang nyepam mas makanya saya ganti pake yang ini -__-

      Delete
    2. kalo komentar di blognya mamang ntar bisa sambil ngopLo..

      Delete
  6. bener banget..
    kasih 1 masukan lg, peselancar internet atau blogger bukan cuma di akses pake komptr, hp juga.. yg jadi kendala kadang saat ngasi komentar pake kode chaptcha...
    kan gak keliatan tuh kodenya?
    salah lagi salah lagiii.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya terkadang kode captcha suka bikin mata kedip kedip -__-

      Delete
  7. pantesan blog saya sepi,,,,
    hehehehehe,,,,
    di coba ah ,,
    salam persahabatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. dipasang mercon nanti rame mbak, mumpung bulan puasa,,, hehee

      Delete
    2. Dilarang pasang mercon nanti di marahin sama pak ustad hehehee

      Delete
  8. iya.. percuma kan kalo kita nulis sebaik apapun dan sebermanfaat apapun kalo gak ada yang komentar berati gak ada yang ngunjungi dong.. ibaratnya jualannya gak laku karna yang jual juga gak mau promosi cuma diem aja.. hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget mbk, percuma tulisan kita bagus tapi kalo seumpama kitanya jarang BW mana ada orang yang tahu kalo sebenarnya tulisan kita ada manfaatnya dan diakui oleh banyak orang :)

      Delete
  9. hadir sob,, heehehe. maaf telat :)

    iya sob,, katanya juga klo blog kta banya yang komen,ranking alexanya cpat ramping :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo alexa pengen ramping sering membuat artikel original sama berkomentar juga mas,,,

      Delete
  10. Klo pas paket inet ada saya berusaha komentar di blog2 yang berkunjung ke blog saya,klo dulu saya berusaha berkomentar sebelum di komentari,tp sekarang kebalik hehe..mklum ad kesibukan yg g bsa d tinggalkan sob!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo untuk itu si bagaimana waktu senggangnya aja mas, nanti juga kalo kitanya suka berkomentar di blog lain kita akan di komentari balik :)

      Delete
  11. berarti harus bersyukur ya walo yang berkomentar cuma 2 orang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meski cuman 2 orang, ya artikel kita masih ada yang memberikan suaranya heheheee

      Delete
  12. Nyimak dulu sambil mau bilang sukses sob menjadi followers yang ke 56 ... :D Follback yah ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksih mas follow nya, nantikan kunjungan balik saya :)

      Delete
  13. Saya tidak terlalu mementingkan jumlah komentar mas, yg penting backlink lancar. Hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Traffic kan ada yang bisa di beli ms, namun orang yang berkomentar tidak bisa di beli :)

      Delete
  14. Penting ga penting sih sob... cuman blog utama saya ga mengutamakan komentar, yang penting dapat ratusn trafik organik sudah cukup...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berkomentar juga meramaikan blog mas, makasih atas kunjungannya :)

      Delete
  15. kalo saya lebih memilih untuk BW ke blog milik sahabat-sahibit blogger :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. BW ke blog yang sudah di follow itu lebih mudah mas :)

      Delete
  16. berkunjung balik, maaf agak telat ya :)

    ReplyDelete
  17. kalo saya, sejak dulu pertama kali ngeblog, gak pernah berharap dikunjungi balik setelah berkomentar di blog lain. apalagi di blog2 blogger yg disebut, ama orang lain, sebagai blog profesional. walau saya gak sepakat ada dikotomi newbie dan profesional, sy tetep kok menaruh komentar di postingan mereka. dan bila blogger profesional gak balik berkomentar, sy udah tahu kok watak mereka, gak bakalan wara wiri komentar di sana sini di blog2 yg masih pake blogspot.

    coba aja perhatiin komentar2 di blogspot, wordpress, atau di blog dg domain berbayar, pasti udah jelas siapa yg berkomentar di sana. tapi kalo masih ada yg berkomentar dg akun blogspot, tandanya gambar avatar tidak ada, pasti di pemiliki blog berbayar itu gak bakalan balik komentar di blog pengomentar dg blog blogspot-nya itu.

    jadi jelas, yg maen di blogspot, pasti wara wiri, komentar2nya juga dari akun blogger blogspot. kalo gak bener, komentar ini bisa direvisi kok, he.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kata lainnya, blogger juga sama seperti jejaring sosial juga mas. Bukan dari komentarnya namun kita juga dapat mendapatkan ilmu dari apa yang telah kita baca, dari yang tidak tahu menjadi tahu. Untuk dapat saling berinteraksi antar Blogger apa salahnya kita menyisipkan waktu untuk berkomentar :)

      Delete
  18. maaf tlat brkomentar disni ya..:D

    bner bgtz tu irfan,awal ngeblog dlu dinashtin teman tuk rajin blogwalking..biar bsa nmbah teman dan brtukar informasi..:)

    ReplyDelete
  19. Mas, Blognya aku follow. Tak tunggu follownya di Blogku yaa :D
    Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih atas koment dan follownya, nantikan kunjungannya pasti aku follow back :)

      Delete
  20. Sepakat sama artikel diatas. Kalau blog ingin di komentari, ya harus berkomentar terlebih dahulu di blog lain. Tapi saya pernah berkomenatar di blog orang bule beberapa waktu yang lalu, tapi nggak ada yang balas sama sekali hehehehe :D

    Tata krama/sopan santun dalam berkomentar juga penting untuk diperhatiakn. Tapi yang lebih penting lagi adalah substansi komentar itu sinkron apa tidak dengan topik yang di bahas. Ini yang sering kali dilupakan oleh para webmaster. Asal berkomentar, sehingga jadinya "Pertamax".

    Orang berkomentar belum tentu membaca artikel terlebih dahulu. Begitu juga sebaliknya, pembaca artikel juga belum tentu memberikan komentar di blog tersebut.

    Ungkapan tersebut saya peroleh berdasarkan pengalaman saya. Saya mempunyai blog dengan jumlah visitor ribuan perhari tanpa saya harus blogwalking. Tapi memang blog tersebut sepi dari komentar. Karena target pemirsa blog bukanlah sesama blogger. Tapi pemirsa blog adalah masyarakat yag membutuhkan informasi.

    Kembali ke topik bahasan bahwa blogwalking memang sangat mempengaruhi Alexa Rank dan SERP. Untuk alexa rank, kalau kita saling berkomentar balik. Ini sudah saya buktikan yakni selama kurang lebih 4 bulan, blog saya sudah mendudui rangking 700 ribu di Alexa.

    Untuk SERP itu tergantung substansi komentar apakah bermutu atau tidak. Kalau hanya "Pertamx" saja yakni tidak ada pengaruh sama sekali dengan SERP. Tapi kalau koemntarnya bagus, dan menyumbang salah satu keyword dalam artkel, bisa dipastikan akan mempengaruhi SERP Google.

    Mungkin itu mas sedikit komentar saya. Terimakasih banyak ya sudah sharing informasi yang snagat menarik. Oh iya saya kebeutlan sudah follow blog anda untuk mengetahui informasi yang menarik selanjutnya. Mohon follow back ya hehehehe ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bahkan dari komentar ini saya jadi bisa mendapatkan ilmu,,,,, makasih mbk atas share nya :)

      Delete
  21. ngikut aj dech.. yang penting silaturahmi.. positif thinking aj.!

    ReplyDelete
  22. pertama kali ngeblog itu,gak pernah kepikiran dikunjungi :) aku fikir ngeblog bisa jadi salah satu altrnatif buat jd teman dekat,tapi gak tau deh semuanya berubah blog saya dikunjungi trus dikomentari gk sllu positif sih ,tapi skrg cukup brkembanng dn mnghasilkan alhamdulillah

    ReplyDelete
  23. salam kenal mas :D
    Sip Sip.. selama Gia kuliah, emang jarang banget blogging..
    Tapi, insyaAllah ini udah liburan, mau menggiatkan lagi bloggingnya.. :D

    Sering-sering mampir yaa mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok nanti aku follow yah biar list artikelnya sering muncul :). Sering sering buat bikin artikelnya

      Delete
  24. Siapa yang menanam akan menuai. Yang memberi akan diberi. Begitu juga dalam dunia blogging. Nggak perlu menunggu di komentari baru balas komentar. Tapi lebih giatlah berkomentar. Kalau nggak di komentari balik, nggak usah di hiraukan. Karena mungkin ada orang lain yang akan mengomentari kita lewat blog tersebut.

    Satu lagi tambahan saya, komentar menggunakan profil standar akan sangat dihargai daripada name/url atau anonymous.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mas, lagian dengan menggunakan itu orang akan dengan mudahnya nyepam -__-

      Delete
  25. Yap bener banget, banyak blogger awam yang nyerah karena blognya gak ada komentar karena mereka gak tau tata krama blogger. Sama kayak tetangga baru, kalo mau dikenal ya harus mampir ke tetangga terus ngobrol-ngobrol. Kalo udah gitu pasti tetangga jadi mampir ke rumah kita trus ngajak ngbrol kita juga. Mantap. :)

    ReplyDelete
  26. saya setuju Sob dengan kalimat terakhir membentuk " sebuah ikatan komunitas antara anda dan pembaca blog setia anda".

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serta menambah teman di dunia maya juga mas, soalnya blogger juga tidak beda jauh dengan jejaring sosial :)

      Delete
  27. seperti saya dulu awal-awal ngeblog pengunjungnya sepi apalagi yang komentar. Sekarang alhamdulillah walopun komentar juga masih sedikit tapi udh jauh lebih baek daripada awal-awal dulu.. Nice share sob :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah mbk meskipun belum banyak namun apabila kita sering berkomentar nanti yang akan mengunjungi blog kita akan bertambah

      Delete
    2. Mas irfan mohon bantuan nya kan aq pinjem akun temen aq dn akun itu di hack org pasword ama no pemulihannya di ganti dan aq gtw cara nya mereset pkai email pemulihan....... MAS TOLONG INVITE PIN BB AQ YA 5B777DFC aq perlu bantuan mas

      Delete
    3. Dan ini no telepon aq )82210849310 klo bisa bantu hubungi aja mas

      Delete
  28. hahaha saya suka judul postnya :D

    ReplyDelete
  29. Salam santun silaturahmi
    Mt mlm

    ReplyDelete
  30. Saya lupa pas akun google sya, skrg mau di ubah tpi saya jga lupa no hp yg wktu mndftar di google, nah gmna tuh mas?
    Di jwab ya, ptg -__-
    Makasih :)

    ReplyDelete
  31. Kalau begitu saya juga ijin Komentar
    Obat Batuk Herbal Anak
    Biar tambah ramai

    ReplyDelete
  32. Iya nih.. Ane jadi ngiri lihat comment akang yang panjang kebawah

    ReplyDelete

Followers

Popular Posts